Selasa, 12 Juni 2012

Goes to Pesantren - Resensi


Judul Buku      : Goes to Pesantren
Penulis             : M. Dzanuryadi
Penerbit           : Lingkar Pena Publishing House (LPPH)
Halaman          : -
Tahun Terbit    : Juli 2011
Harga Buku     : Rp. 39.000











Keberadaan pesantren sebagai lembaga pendidikan yang mumpuni di negeri ini tak perlu diragukan lagi. Kesan bahwa pesantren itu nggak up to date, pesantren kolot / kampungan,atau bahkan membosankan, sudah tak sepatutnya disematkan pada pesantren karna kini lembaga pendidikan yang menyandang predikat pesantren mampu untuk bersaing dengaan lembaga pendidikan lain sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki kompeten serta menghasilkan jiwa generasi bangsa yang memiliki akhlak sehingga memiliki daya saing dalam kompetensinya.
Metode pembelajaran dan fasilitas yang tersedia di pesantren saat ini tak kalah hebat dengan metode-metode dan fasilitas yang diterapkan di lembaga pendidikan lain.  Hasutan informasi yang ditawarkan oleh perkembangan jaman dan moderenisasi, gempuran modernisasi yang berdampak lemahnya akhlak, serta rayuan globalisasi yang merusak tingginya nilai sosialisasi dan kejujuran, mencoba menindas kekhasan pesantren. Namun ciri khas pesantren tetap kokoh. Justru, pesantren kini telah memadukan metode lama dan tuntutan zaman dengan kemoderenisasian dalam sistem pendidikannya. Karenanya, tak terhitung alumnus pesantren menjadi “orang” di negeri ini yang insya Allah masih tetap menjunjung tinggi nilai keagamaan dan akhlak yang baik.
Buku ini memaparkan dengan gamblang wawasan seputar kehidupan pesantren, kiat, tips dan trik, serta banyak hal yang mesti kamu ketahui tentang kemajuan dan perkembangan yang telah dicapai oleh lembaga pendidikan yang berlambangkan pesantren, meskipun pesantren identik dengan lebih banyaknya nilai keagamaan yang digunakan dalam penyampaian metode belajarnya namun kini pesantren juga tidak kalah mengutamakan perkembangan zaman sebagai nilai positif dan nilai tambah sebagai ilmu pengetahuan. Tak ketinggalan pula pesan dan kesan kisah kehidupan para santri serta santriwati yang asli menuntut ilmu di pesantren dengan semangat mereka yang kian membara untuk siap berkompetisi dengan jalan hidup serta lika-liku yang menguras pemikiran dan tenaga untuk dapat menjadi pesaing yang unggul dengan tujuan mencapai nilai maksimal dalam kehidupan secara lahiriah dan batiniah, menyeimbangkan antara dunia dan akhirat.
Adapun buku ini memiliki beberapa kekurangan yang dapat anda nilai sendiri kekurangan itu hanya sebagai acuan untuk menjadikannya sebagai masukan yang positif dan bukan untuk menjatuhkan karna buku ini menyajikan motivasi positif dengan nilai estetika yang tinggi sehingga menjadikan buku ini sebagai buku yang sangat layak dan patut untuk dimiliki dengan mengambil manfaat-manfaat yang disampaikan oleh penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar